Tim Dukcapil Kemendagri Diterjunkan Bantu Layanan Dukcapil Maros yang Lumpuh

0
67

JAKARTA (suara-karya.com):  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menginstruksikan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrullah untuk terjun ke Sulsel membantu pemda yang terdampak bencana banjir. 

Kondisi pelayanan Dukcapil di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang terdampak bencana banjir sehingga menghambat layanan Dukcapil, terutama proses perekaman KTP-el. Respon cepat kemendagri diapresiasi oleh pemda dan masyarakat setempat.

” Bencana banjir di Kabupaten Maros telah menenggelamkan Kantor Dukcapil Kabupaten Maros sehingga melumpuhkan pelayanan Dukcapil,” ujar Zudan di Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan,  pihaknya berupaya cepat untuk memulihkan pelayanan Dukcapil di Kabupaten Maros. ” Hari ini Tim Dukcapil Pusat telah berangkat ke Kabupaten Maros. Insya Allah sebentar lagi sampai lokasi,” ujarnya.

Kondisi saat ini yang merupakan kendala teknis berkenaan dengan peralatan dan perlengkapan layanan Dukcapil, khususnya perekaman KTP-el, dijelaskan juga Zudan bahwa saat ini salah satu kendala di daerah adalah kurangnya printer sehingga pencetakan lambat selesai.

Untuk itu, Ditjen Dukcapil Kemendagri bekerja sama dengan BUMN PNRI menyiapkan alat pencetakan di pusat dengan kapasitas 1 mesin bisa sampai dengan 35 ribu perhari.

” Ini akan sangat membantu daerah, yang melakukan pencetakan tetap pegawai Dinas Dukcapil Kabupaten Maris dengan anggaran yang sudah disediakan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Zudan.

Ia juga berharap dengan diterjunkannya Tim Dukcapil Kemendagri akan cepat mengatasi lumpuhnya pelayanan Dinas Dukcapil setempat. ” Semoga ini dapat mempercepat pencetakan KTP- el di daerah, terutama yang terdampak bencana,” tuturnya. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here