Kepala Perpusnas Apresiasi Komitmen Mendagri Kembangkan Perpustakaan di Daerah

0
119
Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando (Ist)

JAKARTA (suara-karya.com):  Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando mengapresiasi kerja sama yang dijalin dengan Kementerian Dalam Negeri dalam menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan yang digelar sejak  tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2019.

“Apresiasi dan terima kasih  setinggi-tingginya kepada Kementerian Dalam Negeri beserta jajarannya, khusus kepada Bapak Menteri Dalam Negeri yang telah bersedia membuka acara dan menjadi keynote speaker, untuk seluruh narasumber serta pada seluruh peserta sekalian,” kata Syarif dalam acara Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019 di Jakarta, Sabtu (16/3).

Berkat kerjas ama dan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, kelembagaan dan dinas perpustakaan akan dapat menjangkau hingga daerah termasuk di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Terima kasih Bapak Mendagri, apa yang disampaikan Mendagri merupakan mandatori baik tentang UU Pemerintah Daerah untuk menempatkan kelembagaan perpustakaan di seluruh daerah. Dalam waktu dekat Deputi II akan bertemu dengan Sekjen Kemendagri membahas surat edaran yang akan diberikan pada daerah atau kabupaten yang belum memiliki kelembagaan perpustakaan,” papar Syarif.

Seperti diketahui, saat membuka Rakornas Bidang Perpustakan, Kamis (14/3), Menteri Dalam Negeri menekankan dan mendorong Kepala Daerah untuk  membentuk dinas perpustakaan bagi pemerintah daerah yang belum memiliki dinas perpustakaan.

Selain itu, memperkuat struktur kelembagaan dan tata laksana perpustakaan kecamatan dan desa/kelurahan melalui peraturan perundang-undangan, serta mendorong penyelenggaraan perpustakaan umum pada tingkat provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan berjalan dengan baik.

Ditambahkan Syarif, untuk pertama kalinya dalam sejarah rapat koordinasi nasional bidang perpustakaan, mampu menghadirkan 3.000 peserta dari dinas perpustakaan provinsi, kabupaten/kota, seluruh jenis perpustakaan di Indonesia serta pegiat literasi. Kesuksesan ini tak akan tercapai tanpa kerjasama dengan seluruh pihak termasuk Kemendagri dan pers yang tak henti memberikan pemberitaan positif pada acara Rakornas dan menjadikannya viral.

“Rakor kali ini merupakan rakor yang paling ramai dihadiri karena pesertanya hampir 3000 orang. Terima kasih juga untuk media cetak, elektronik, hingga media sosial yang tak henti memberitakan acara rakor ini sampai menjadi viral,” kata Syarif.

Syarif berharap Rakornas dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perpustakaan dan semakin menggaungkan gerakan literasi hingga ke polosok negeri. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here