Astri Megatari: Masih Ada SDM Tak Kompeten di PPID

0
98
Tenaga Humas Pemerintah Kemendagri Astri Megatari saat menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion (FGD) Standar Kompetensi PPID Provinsi se-Indonesia (Ist)

JAKARTA (suara-karya.com):  Tenaga Humas Pemerintah Kemendagri, Astri Megatari menilai masih ada sumber daya manusia (SDM) yang  tidak kompeten untuk  bekerja di Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID).

Hal itu disampaikan Astri Megatari saat  Focus Group Discussion (FGD) Standar Kompetensi PPID Provinsi se-Indonesia yang bertajuk  “Mengukur dan Menakar Standar Kompetensi PPID se-Indonesia” di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Rabu (10/4).

“Mengenai kompetensi SDM yang bekerja di PPID, kami memahami memang tak sedikit SDM yang ditempatkan tidak disiapkan untuk PPID. Artinya dari background  (latar belakang), dari segi kompetensi jarang yang punya skill atau kemampuan khusus sebagai PPID, “ ujar Astri.

Karena itu, ia menyambut baik inisiatif  Kominfo yang membuat kamus kompetensi PPID. “Nanti bisa kita gunakan bersama sebagai standar kompetensi SDM PPID,” katanya.

Astri Megatari yang menjadi Tenaga Humas Pemerintah di Pusat Penerangan Kemendagri mengatakan selain masalah kompetensi SDM  di PPID, ada sejumlah catatan lain.

Berdasarkan perfoma PPID, Astri mengungkapkan, hasil monitoring dan evaluasi (monev) menunjukkan provinsi yang berkategori informatif adalah Provinsi Jateng, DKI Jakarta, Kalbar dan Jabar. Sedangkan pemerintah yang berkategori menuju informatif, yaitu Aceh, NTB, Kalteng, Sumbar dan Sumsel dan yang cukup informatif adalah Jatim, Kaltim, Banten, Sumut, Papua dan Bali.

“Masih ada 19 provini yang dinilai tidak informatif dan kurang informatif,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya, konektivitas dan sinergitas antara PPID provinsi dengan PPID kabupaten/kota untuk menghindari kurang terinformasinya masyarakat.

Astri juga menyinggung perlunya dukungan parlemen atau dukungan politik terhadap keberadaan PPID dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Terakhir, ia menekankan fungsi PPID untuk melayani masyarakat yang membutuhkan informasi.

“Jangan sampai masyarakat meminta informasi ke tempat yang salah yang tidak kredibel atau tidak jelas sumber informasinya. Masyarakat harus puas dapat terlayani dengan baik sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” ujar Astri Megatari. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here