Mendagri: KPU dan Bawaslu Independen, Tak Bisa Diintervensi

0
18

JAKARTA (suara-karya.com): Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu adalah lembaga independen dan tidak bisa diintervensi. KPU dan Bawaslu juga bekerja  sangat terbuka dan kinerjranya diawasi oleh semua pihak baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kita harus percaya kepada KPU, Bawaslu dan DKPP  yang telah bekerja dengan penuh semangat, memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi kepada negara.bahkan rela berkorban nyawa. Bekerja sebagai penyelenggara pemilu membutuhkan ketahanan fisik dan ketahanan psikis yang sangat kuat agar seluruh tahapan dapat berjalan lancar dan sesuai target waktu,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (27/4).

Selain diawasi oleh berbagai pihak, Mendagri juga megingatkan  sesuai konstitusi UUD 1945 pasal 22E,  KPU adalah lembaga yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Karena itu,  penyelenggara pemilu tidak dapat diintervensi oleh siapapun juga.

“Proses pemilihan dan pengesahan anggota KPU dan Bawaslu  periode tahun 2017 – 2022 juga diputuskan melalui Rapat Paripurna DPR,” ujarnya.

Oleh karena itu,   Mendagri meminta kepada mereka yang tidak puas terhadap kinerja penyelenggara pemilu dan tidak puas dengan hasil Pemilu 2019, untuk menyalurkannya seperti yang diatur dalam UU Pemilu.

“Kalau ada pengaduan pelanggaran hukum silakan ke Gakumdu di Bawaslu, lapor ke DKPP terkait pelanggaran kode etik perilaku anggota KPU dan Bawaslu serta sengketa hasil.pemilu dapat mengajukannya kepada Mahkamah Konstitusi.  Semua masyarakat dapat mengakses dan menyampaikan laporan kepada lembaga-lembaga tersebut dan bersifat terbuka.bagi siapapun,” ujar Mendagri.

Tjahjo Kumolo mengingatkan, Indonesia adalah negara hukum maka penyelesaian melalui jalur hukum adalah jalan yang konstitusional.

“Pemilu  ini adalah proses bernegara yang konstitusional maka segala aspek yang berkaitan dengan proses dan hasil pemilu juga wajib dilaksanakan dengan cara-cara yang konstitusional,” kata Mendagri.

Mendagri menambahkan, sukses Pemilu serentak 2019 semakin memperkuat keyakinan masyarakat dunia bahwa Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar didunia, yang telah membangun peradaban demokrasi yang semakin mapan dan menjadi teladan negara-negara lain di seluruh dunia. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here