Presiden: Pemindahan Ibu Kota Tak Bebani APBN

0
44
Presiden Jokowi (Ist)

JAKARTA (suara-karya.com):  Presiden Joko Widodo menegaskan, rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah lain  tidak akan membebani APBN.

“Meskipun secara detil yang kami minta, kalau angkanya seperti itu tidak masalah asal tidak dikerjakan satu tahun. Yang penting anggaran kita siap. Saya sampaikan, tidak membebani APBN,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjelang buka puasa bersama dengan para pimpinan lembaga negara di Istana Negara Jakarta, Senin.

Presiden juga mengaku serius dengan rencananya ini.  “Kita serius dalam hal ini, karena sejak tiga tahun lalu dibahas diinternal dan satu setengah  tahun Bappenas melakukan kajian yang lebih detail dari sisi ekonomi, politik, lingkungan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjelang buka puasa bersama dengan para pimpinan lembaga negara di Istana Negara Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi mengatakan, Pulau Jawa sudah dihuni 57 persen dari total penduduk di Tanah Air. Sementara pulau-pulau lain banyak yang masih kosong sehingga perlu dipertimbangkan upaya untuk memindahkan ibu kota. Presiden mengungkapkan,  telah ada tiga alternatif daerah yang sudah menyiapkan lahan dalam rencana ini, sekaligus dengan luasannya.

“Kami siapkan tiga alternatif daerah yang juga menyiapkan lahannya. Ada 80.000 hektare, 120.000 hektare, dan 300.000 hektare,” kata kata Jokowi, menjelang buka puasa bersama dengan para pimpinan lembaga negara, di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan dibandingkan dengan luas Jakarta saat ini maka lahan yang disediakan sudah cukup memadai. “Kita tahu di Jakarta ini ada 66.000 hektare, sehingga apa yang tersedia sudah cukup hanya untuk ibu kota pemerintahan. Tinggal putuskan,” katanya. (Irawati)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here