Mendagri Keluarkan Radiogram Festival Gapura Cinta Negeri

0
72

JAKARTA (suara-karya.com): Menteri Dalam Negeri mengeluarkan radiogram tentang pelaksanaan Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74.

Radiogram tersebut ditujukan kepala gubernur, bupati/wali kota se-Indonesia dengan nomor 080/5739/SJ.

“Festival digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 dan untuk menciptakan sebuah gerakan yang mengusung nilai cinta negeri,”kata Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

Sebagaimana Radiogram tersebut, diberitahukan bahwa:

Pertama, Kemendagri, Setneg, dan BEKRAF akan menyelenggarakan Festival Gapura Cinta Negeri tingkat RW dengan periode pelaksanaan tanggal 8 Juli sampai dengan 17 Agustus 2019.

Kedua, kepala daerah diminta mensosialisasikan secara masif, menggerakan elemen masyarakat serta memfasilitasi pelaksanaan lomba melalui swadaya masyarakat di tingkat Rukun Warga (RW).

Ketiga, ketentuan mengenai Festival Gapura Cinta Negeri tercantum dalam Petunjuk Pelaksanaan dan Teknis Lomba Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019, informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.kemendagri.go.id, atau www.gapuracintanegeri.com/.

Dalam petunjuk teknis radiogram dijelaskan, kepada peserta yang mengikuti lomba ini harus memenuhi sejumlah persyaratan yakni mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura dan 6 foto hasil karya gapura dari berbagai angle, ukuran foto makimal 1 MB/foto, peserta mengirimkan foto via website yang akan dibuka pada tanggal 15 Juli 2019 dan ditutup pada tanggal 7 Agustus 2019 (www.gapuracintanegeri.com).

Selanjutnya, panitia akan menerima, mengkurasi, dan menyeleksi seluruh hasil karya, dan hasil kurasi akan dinilai Juri.

“Posting video dan foto kemeriahan proses pembangunan gapura di instagram dengan menggunakan #gapuracintanegeri , mention ke akun @gapuracintanegeri untuk membantu mempromosikan gapura menjadi pemenang favorit,” tulis radiogram Mendagri.

Waktu Pelaksanaan: a. Festival Gapura di daerah (8 Juli – 31 Juli 2019); b. Pengiriman Foto Gapura (1 – 7 Agustus 2019; c. Penjurian untuk menentukan 50 Gapura yang lolos ke tahap selanjutnya (8 – 9 Agustus 2019); d. Penentuan 10 Pemenang (10 Agustus 2019); e.  Pengumuman 10 pemenang dan start voting Gapura Favorit (12 Agustus 2019); dan f. Mengundang 10 pemenang ke Jakarta, masing-masing 2 perwakilan (16 Agustus 2019).

“Pengumuman pemenang 1 (satu) Gapura Terbaik dan 1 (satu) Gapura Favorit pada 17 Agustus 2019,” bunyi radiogram Mendagri itu.

Panitia menjelaskan, lomba ini memperebutkan Piala Bergilir Presiden, dimana 10 (sepuluh) pemenang akan diundang ke Istana Merdeka untuk bertemu Presiden Republik Indonesia, dan menerima penghargaan secara langsung.

“Pemenang akhir terdiri dari 1 (satu) pemenang Gapura Terbaik dan 1 (satu) pemenang Gapura Terfavorit pilih netizen,” bunyi radiogram Mendagri itu.(Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here