Sekjen Kemendagri: Staf Ahli Harus Pahami Masalah Ekonomi di Daerah

0
50
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo Rakornas Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/7).

JAKARTA (suara-karya.com): Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo mengingatkan, staf ahli harus memahami dan menguasai masalah-masalah di daerah  untuk selanjutnya memberikan masukan kepada kepala daerah.

Hal itu disampaikan Sekjen Kemendagri saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/7).

“Bapak dan Ibu harus memahami dan menguasai  target-target ekonomi, kemudian juga bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi dan bagaimana dalam pengendalian inflasi di daerah,” ujarnya.

Selain itu juga bisa memberikan masukan bagi kepala daerah dalam menyusun RAPBD yang berorientasi pada pemanfaatan pembangunan, peningkatan sumber daya manusia serta mengurangi pengangguran.

“Kaitannya dengan kapasitas aparatur yang professional, peningkatan ekonomi yang lebih khusus lagi dengan capaian indicator ekonomi, pengangguran, pertumbuhan ekonomi, dengan memberikan saran dan masukan kepada kepala daerahnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Kemendagri melihat kepala daerah kurang inovatif dalam menangkap peluang untuk meningkatan ekspor. Regulasi-regulasi untuk peningkatan investasi masih berjalan di tempat.

 “Perizinan masih belum cepat, dan ini yang perlu dipikirkan. Kemudian juga kaitannya dengan tata kelola pemerintahan, dilihat  tingkat reformasi birokrasi adalah merupakan akhir dalam tahap kedua sebelum kita menuju reformasi birorkrasi tahap ketiga, pada akhir 2025,” tutumya. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here