ASN Kemendagri dan BNPP Diasah Bicara di Depan Publik Melalui Lomba Pidato

0
63
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo buka perlombaan pidato di lingkup Kemendagri dan BNPP (Ist)

JAKARTA (suara-karya.com):  Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) diasah sekaligus diuji kemampuannya untuk berbicara menyampaikan ide, konsep maupun gagasan di depan publik melalui perlombaan pidato.

Perlombaan pidato yang diikuti 26 peserta ini dibuka Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (8/8). Hadir pula Kapuspen Kemendagri yang juga juru bicara Kemendagri Bahtiar.

Perlombaan pidato ini juga diselenggarakan dalam rangka menyambut dan mengisi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Tema pidato yakni “ASN Kemendagri Berkarya dan Berprestasi Menuju Indonesia Unggul”

Peserta lomba pidato di Kemendagri dan BNPP (Ist)

Sekjen Kemendagri mengapresiasi perlombaan pidato ini sebagai sarana untuk melatih ASN agar terbiasa berbicara di depan publik dan menghilangkan kesan ASN sebagai figur yang kaku.

“Lomba pidato ini untuk melatih para ASN untuk mampu berbicara menyampaikan suatu ide/gagasan, kemudian menyampaikan konsep, ini yang sangat penting. Kedepan kita harus berupaya dalam meningkatkan kualitas SDM Aparatur, ASN dituntut mampu menyampaikan pesan maupun argumentasi kepada masyarakat maupun dalam melaksanaan tugas sehari-hari,” kata Hadi.

Penanggungjawab perlombaan pidato, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri yang diwakilkan Kepala Bagian Humas, Aang Witarsa Rofik mengatakan, perlombaan yang diikuti oleh 26 peserta yang juga diwajibkan memposting pelaksanaan lomba melalui sosial media.

“Lomba diikuti oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan, 10 Komponen Ditjen/Badan Kemendagri, IPDN, dan 10 Komponen Biro/Pusat Sekretariat Jenderal Kemendagri dengan total peserta sebanyak 26 orang. Seluruh peserta juga  diwajibkan memposting pelaksanaan lomba pidato melalui sosial media Instagram, Twitter dan Facebook dengan hashtag #74RIKemendagriBNPP,” kata Aang.

Dalam lomba pidato itu masing-masing peserta menunjukkan kebolehannya untuk tampil selama tujuh menit. Umumnya peserta memiliki intonasi suara yang baik, jelas, tegas dan penuh percaya diri. Namun, dalam hal materi masih ada peserta yang kurang menguasai.

Mas Putro dari BPSDM Kemendagri tampil sebagai peserta pertama dengan tubuh yang tegak dan berkali-kali berteriak merdeka. Dalam pidatonya, ia menjelaskan soal pentingnya ASN yang professional dengan cara menguasai Teknologi Informasi dan bahasa asing. Seperti orator yang tengah membakar semangat penonton, Mas Putro mengingatkan ASN bekerja secara maksimal, berkompeten dan profesional.

Wakil dari Dirjen Bangda, Rini Yulianti dalam pidatonya menyinggung soal kemerdekaan negara yang tidak saja hanya disyukuri tapi juga harus dijaga. Caranya, salah satunya ASN harus tahu apa yang dikerjakan dan dilakukan.

Juri dalam lomba pidato  itu yakni Guru Besar Bidang Ilmu Politik IPDN Prof. Dr. Hj. Nurliah Nurdin, MA, Dekan Fakultas Politik Pemerintahan IPDN Dr. Muhadam Labolo, MA dan Head News Creative & Development iNews; Yohanes Eko Wahyu Ardiyanto. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here