Sekjen Kemendagri: Sekwan Harus Harmoniskan Eksekutif dan Legislatif

0
13
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo (Ist)

JAKARTA (suara-karya.com): Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo mengingatkan, pentingnya tugas dan fungsi Sekretaris Dewan (Sekwan) dalam penyelenggaraan demokrasi lokal, khususnya  dalam proses pergantian anggota DPRD Kabupaten dan Kota periode 2019-2024.

Hal itu disampaikan Sekjen Kemendagri saat memberikan sambutan pada acara workshop Asosiasi DPRD Kota seluruh Indonesia (Adeksi), di Hotel Polonia, Medan, Sumatera Utara, Jumat (06/09/2019).

“Sekwan pada saat ini tentunya mempunyai hajatan yang sangat besar terkait dengan pergantian anggota DPRD khususnya periode  2019-2024, sehingga kami harapkan Sekwan dan jajarannya harus bersikap responsif dan aktif. Jangan diam saja, karena tugas pelaksanaan penyelenggaraan demokrasi lokal ini ada di tangan Pak Sekwan,” kata Hadi.

Untuk itu, ia mengatakan tugas Sekwan untuk memberikan pemahaman kepada anggota dewan yang baru dilantik ini terkait dengan  tata cara tata kelola dan juga manajemen untuk kedewanan.seperti diatur dalam Pasal 123 dan Pasal 124 UU No  23 Tahun  2014  tentang Pemerintah Daerah  dan kemudian membantu menyiapkan alat kelengkapan dewan.

Hadi Prabowo menambahkan Sekwan juga  harus bisa  memediasi dan mewujudkan kesejajaran hubungan antara lembaga legislatif dan eksekutif..

Hadi Prabowo juga mengingatkan, sekwan bukan lah perpajangan tangan partai melainkan perpanjangan tangan kepala daerah. Namun demikian, sekwan tetap harus bisa mewujudkan harmonisasi antara legislatif  dan eksekutif. 

“Kalau dewan sampai tidak harmonis dengan kepala daerah, ini juga tanggung jawab Sekwan. Sekwan harus bisa memberikan penjelasan dan menginformasikan kepada kepala daerah,” kata Hadi.

Selain itu, Sekjen Kemendagri menyebutkan sejumlah tugas yang harus dikuasai seorang sekwan.

 Selain mengharmoniskan hubungan legislarif dan eksekutif, kata Hadi Prabowo, sekwan harus melakukan tugas-tugas yang ada  kaitannya denga penyusunan anggaran, pengelolaan keuangan. Baik itu keuangan DPRD selaku pimpinan dan anggota maupun juga menyusun program perencanaan terkait dengan kesekretariatan.

Sekjen Kemendagri menambahkan, sekwan harus menguasai tugas administrasi khusus kesekretariatan baik itu kaitannya penyesuaian SOP dan  program-program kerja yang harus dijabarkan  dalam rencana kerja anggaran. “ Dan tentunya hal ini harus dilihat pada prioritas dan RKPD yang telah ditetapkan oleh daerah,” tuturnya. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here