Mendagri Terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 di Istana Negara

0
14
Presiden Jokowi menyerahkan DIPA 2019 kepada Mendagri Tito Karnavian (Puspen Kemendagri)

JAKARTA (suara-karya.com):  Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020. Acara yang juga turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tersebut berlangsung secara simbolis di Istana Negara Jakarta, pada Kamis (14/11)

Jokowi mengungkapkan penyerahan DIPA tahun 2020 diberikan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Nantinya Jokowi berharap Kementerian mampu menganggarkan dengan lebih cepat terutama soal pelelangan proyek Tahun 2020.

“Segera setelah ini lelang, pelaksanaan Januari (harus) sudah dilakukan. Jangan nunggu-nunggu, ini perintah”, kata Jokowi

Tito yang saat itu hadir mengungkapkan, Kemendagri berkomitmen untuk segera melakukan proses penganggaran. “Kemendagri berkomitmen agar penganggaran dapat dilakukan lebih cepat sehingga penyerapan anggaran lebih maksimal” jelas Tito

Tito menambahkan, nantinya Kemendagri akan mengoptimalkan monitoring dan evaluasi agar setiap program dapat berjalan dengan baik.  “Anggaran yang kita kelola adalah milik seluruh masyarakat, mari kita gunakan dan kelola dengan tepat demi kemajuan bangsa dan negara”, tutup Tito.

Saat penyerahan DIPA di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta, Kamis (14/11), Mendagri  mengingatkan jajarannya di Kemendagri dalam hal penyerapan anggaran.

“Masalah penyerapan anggaran DIPA di Tahun 2019, kembali saya menekankan supaya terjadi penyerapan, kita tinggal ada waktu lebih kurang satu bulan lagi, karena nanti biasanya menjelang dua minggu akhir tahun biasanya sudah mulai dikurangi belanjanya, jadi sisa anggaran betul-betul dimanfaatkan,” kata Mendagri.

Tak hanya itu, ia juga meminta adanya monitoring dan evaluasi untuk menyisir anggaran yang belum terserap dengan baik.

“Mohon disisir lagi oleh bagian monitoring evaluasi di perencanaan, serta bagian inspektorat dan rekan-rekan komponen, dicek lagi,” ujarnya.

Mendagri Tito Karnavian sejak awal masa jabatannya kerap mengingatkan perihal penggunaan dan penyerapan anggaran, tak hanya bagi Pemda tetapi juga di lingkungan Kemendagri. Baginya, anggaran yang telah diberikan negara haruslah digunakan tepat sasaran dan sesuai program perencanaan. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here