Wakil Sekjen MIPI: Kesadaran Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Masih Rendah

0
128
Kepala Pusdatin Kemendagri Asmawa

JAKARTA (suara-karya.com):  Wakil Sekjen Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Asmawa AP menilai kesadaran masyarakat masih rendah terkait sertifikasi kompetensi.  Padahal, sertifikasi kompetensi sangat penting khususnya bagi generasi muda Indonesia untuk bisa bersaing secara global khususnya di dunia kerja.

Hal itu disampaikan Asmawa saat menyampaikan sambutan pengantar pada webinar bertema Adobe Cerfitied Professional National Champuonship 2021,  Senin (16/8) yang diselenggarakan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Webiner menampilkan narasumber pendiri dan COO MyEduSolve Stephanie Seputra dengan moderator Astri Megatari.

Asmawa menegaskan, MIPI  sangat berkepentingan untuk ikut membangun kompetisi di masyarakat Indonesia karena di era globalisasi sekarang ini, semua pihak harus menyadari pentingnya serfitikasi kompetensi sebagai sebuah pengakuan terhadap personal yang mempunyai keterampilan mumpuni sesuai standar kerja yang sudah ditetapkan.

“Keluarga besar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI)  menjelang HUT  RI ke-76, berkomitmen untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan memberikan peluang dan kontribusi  dalam memperkuat ketahanan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Terutama di tengahpandemi sehingga webiner  ini menjadi penting dan strategis dalam rangka kita memasuki era globalisasi,  kompetisi industri 4.0,” ujarnya.

Asmawa yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendagri menambahkan, di era globalisasi ini persaingan semakin ketat. “Karena itu, jika kita tidak bisa menyesuaikan diri dan tidak  memiliki serifikasi sesuai tuntutan global maka kita akan tersisih dan kalah bersaing,” tuturnya.

Kompetisi tersebut bukan hanya berdasarkan pemenuhan kualifikasi saja tapi juga harus dibuktikan dengan di lapangan dan dalam bentuk ujian kompetensi.

“Di jaman sekarang, sertifikasi akan menjadi salah satu penunjang untuk bertahan dalam pekerjaan. Namun, disayangkan kesadaran orang-orang sangat rendah tentang sertifikasi kompetensi. Karena itu, MIPI ingin membangun kesadaran ini dengan bekerja sama dengan MyEduSolve untuk menyelenggarakan webinar yang dihadiri seluruh stakeholder dan komponen bangsa dalam rangka bagaimana kita lebih profesional ke depannya. Terutama bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan dan mencari kerja, tentu dipersyaratkan dengan berbagai kompetensi,” kata Asmawa.  (Andreas)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here