Mendagri : Seni Budaya Jadi Soft Weapon Cegah Perpecahan

0
86
Mendagri Tito Karnavian

JAKARTA (suara-karya.com): Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan, jangan sampai Indonesia menjadi negara gagal dan terpecah karena tidak mampu menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Salah satu tantangan kita bagaimana kita sebagai bangsa bisa survive ,menjadi satu bangsa yang utuh dalam kerangka NKRI,” kata Mendagri saat memberikan sambutan pada acara press conference lagu “Untuk Mu Indonesia sebagai persembahan Putra Putri Indonesia dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke-76”, Kamis  (20/8).

Mendagri mengingatkatkan, persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah sesuatu yang terjadi begiu saja atau take if for granted.

“Kita melihat beberapa negara yang tidak bisa survive menjadi satu bangsa, ada yang failed state negara gagal, ada juga yang terpecah. Kita lihat pengalaman Uni Soviet yang besar sumber daya alam dan sumber daya manusia, kemampuan militer dan keuangan yang kuat, bisa pecah,” kata Mendagri yang juga menyebutkan negara Yugoslavia yang pecah menjadi negara-negara kecil.

Untuk itulah, Mendagri mengingatkan semua komponen bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta wawasan kebangsaan apalagi negara kita memiliki keragaman dari suku, bahasa, keturunan, ras, agama dan lainnya.

“Keragaman ini justru harus bisa menjadi kebanggaan dan kekayaan bagi bangsa kita dan bukan menjadi perbedaan yang bisa memecah belah bangsa kita,” tuturnya.

Untuk menjaga dan merawat nilai-nilai dan wawasan kebangsaan serta persatuan, Mendari mengatakan bisa melalui jalur seni dan budaya.

“Seni budaya bisa menjadi soft weapon, senjata bagi kita untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa kita. Melalui lagu-lagu dan seni-seni lainnya , kita bisa menggelorakan dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Untuk itu, Mendagri menyambut baik kerja sama Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri  dengan sejumlah artis dan budayawan untuk membangkitkan nilai-nilai nasionalisme melalui produk kesenian dan budaya seperti lagu “Untuk Mu Indonesia”.

“Saya berikan penghargaan kepada rekan-rekan semua, semoga dengan kebersamaan ini kita akan berikan kontribusi dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,  menjaga NKRI agar tetap survive meskipun kita sedang mendapat ujian termasuk pandemi Covid-19. Saya yakin kita bisa survive dan menjadi bangsa yang lebih kuat lagi,” kata Mendagri. (Andreas)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here