Kemendagri: Ormas Survive Bila Inovatif dan Manfaatkan TI

0
47
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar

JAKARTA (suara-karya.com):  Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin mengingatkan pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk tidak lagi mengelola ormas dengan cara-cara lama agar ormas bisa terus survive.

“Ormas yang bisa survive dan terus survive adalah ormas yang selalu melakukan perubahan, inovasi, dan tata kelola dengan memanfaatkan teknologi informasi,” kata

Bahtiar dalam sambutannya pada acara pembukaan Ormas Expo 2021 yang bertema Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi Covid-19, Sabtu (23/8) yang berlangsung secara virtual.

Ormas Expo 2021 yang diselenggarakan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini diikuti sebanyak  22 ormas seperti  Gusdurian,  Harapan Pemuda Indonesia, Pemimpin.id, Komunitas Peduli Peternakan Indonesia, .Generasi Rimba dan Alam Semesta, Organisasi RT RW seluruh Indonesia, Perempuan Masa Depan.id, MyEduSolve,  Pandu Pemimpin Cinta Bangsa dan Yayasan Bentang Merah Putih.

Ormas Expo 2021 ini bisa dilihat melalui www.ormas-expo.id yang menunjukkan berbagai kegiatan dan aktivitas ormas dalam membantu masyarakat. Ormas Expo 2021 bertema Indonesia tangguh Indonesia tumbuh.

Expo Ormas 2021

Bahtiar mengatakan, UU No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan mengatur keberadaan ormas. Ada banyak jenis dan bentuk ormas  baik yang berbentuk badan hukum dan tidak berbadan hukum dan ada ormas yang berbasis anggota terstruktur hingga ke tingkat RT/RW maupun yang tidak berstruktur. Diperkirakan  saat ini ada sebanyak 500.000 ormas.

“Ormas merupakan perwujudkan kemerdekaan berserikat, berkumpul dan berorganisasi yang dijamin undang-undang. Ormas menjadi kekuatan potensi masyarakat yang luar biasa yang semestinya menjadi kekuatan civil society untuk membangun bangsa dan negara,” kata Bahtiar.

Ia mengatakan, pemerintah dan birokrasi pemerintah memiliki keterbatasan tidak bisa hadir melayani masyarakat selama 24 jam terus menerus. Karena itu, diperlukan kerja sama dan dukungan dari berbagai kelompok masyarakat termasuk dari ormas.

“Kekuatan bangsa dan negara bukan diandalkan  pada birokrasi, sehebat-hebatnya pemerintah dan birokrasi  tidak bisa melayani 24 jam menghadirkan kesejahteraan dan keamanan kepada masyarakat. Di sinilah ormas diharapkan membantu pemerintah,” tuturnya.

Namun demikian, Bahtiar juga mengingatkan agar ormas melakukan tata kelola organisasi dengan baik dengan  menggunakan teknologi informasi.

“Ekspo Ormas 2021 ini diharapkan  menginsprasi bagi pengurus ormas untuk melakukan inovasi dan tata kelola organisasi dengan teknologi informasi. Ini mutlak harus dilakukan, tidak bisa lagi kelola ormas dengan cara-cara lama karena kita hadapi pandemi Covid-19,” kata Bahtiar. (Wida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here