Menteri Pertanian: Sektor Pertanian Solusi Atasi Dampak Covid-19

0
34
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

JAKARTA (suara-karya.com): Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, sektor pertanian tumbuh luar biasa dan menjadi sektor yang paling kuat bertahan di era pandemi Covid-19. Untuk itu, Menteri Pertanian mendorong kepala daerah untuk serius membangun sektor pertanian dalam menjaga ketahanan ekonomi  di tingkat lokal dan nasional.

“Sektor pertanian tidak mengenal suasana dan kondisi Covid-19, semakin Covid-19 semakin kita butuh pertanian.  Anda bisa saja sembunyi di rumah, di bunker berhari-hari untuk mencegah terkena Covid-19, tapi bagaimana pun anda harus punya makanan,” ujar Syahrul Yasin Limpo saat menjadi narasumber dalam webinar bertema “Inovasi Pemberdayaan dan Pengentasan Kemiskinan di Bidang Pertanian dan Peternakan di Masa Pandemi”, Sabtu (11/9).

Webinar  diselenggarakan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) dan dibuka oleh Ketua Umum MIPI Bahtiar yang juga menjabat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Menteri Pertanian kemudian mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan pertumbuhan PDB pada Triwulun II-2020, sektor pertanian tumbuh 16,24 persen sementara sektor lain bahkan minus seperti industri (-6,49 persen), sektor perdagangan (-8,71 persen) dan sektor pertambangan (-3,75 persen).

Nilai ekspor pertanian Januari hingga Desember 2019-2020 tercatat naik 15,79 persen dari Rp 390,16 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp 451,77 pada tahun 2020. Kenaikan nilai ekspor pertanian juga terjadi pada tahun 2021.

“Ini data BPS, jadi di masa Covid-19 sektor pertanian tumbuh luar biasa, sementara sektor lain malah minus. Bayangkan saja, di masa Covid-19, ekspor pertanian bisa naik 15,79 persen dan ini hanya dicapai pada masa Orde Baru,” tutur Syahrul Yasin Limpo yang pernah menjadi Gubernur Sulawesi Selatan.

Menteri Pertanian mengingatkan, dengan keunggulan alam dan letak tropisnya Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju dan modern dengan memanfaatkan sektor pertanian. “Sektor pertanian langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. Jadi, Bapak kepala desa dan lurah urus  pertanian mu maka makanan rakyat mu pasti baik,” tambahnya.

Ia menambahkan, sektor pertanian juga bisa menjadi solusi bagi masalah kurangnya lapangan kerja dan sekaligus menjadi pilar pembangunan bagi ekonomi daerah. “Kekuatan negara kita ada di pertanian, lautan, pesisir pantai, pegunungan. Kita punya semua, kecuali kita tidak tahu mengandalkan dan mengolahnya dengan baik, Semua negara butuh pertanian,,” tambahnya.

Untuk itu, Syahrul Yasin Limpo meminta kepala daerah dan aparat pemerintah daerah untuk benar-benar berpihak kepada rakyat dan melibatkan partisipasi rakyat dalam membuat kebijakan.

“Tidak ada negara tanpa hadir pemerintahan yang baik, hanya pemerintahan yang kuat dan baik dan berpihak kepada rakyat dan tidak meladeni diri sendiri yang bisa menyahterakan rakyatnya,” ujarnya. (Wida)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here