Bawaslu Usulkan Kampanye Secara Daring

0
52
Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar

JAKARTA (suara-karya.com): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusulkan pelaksanaan kampanye pada pemilu dan pilkada 2024 dalam bentuk daring (dalam jaringan) atau online.

“Bawaslu mengusulkan revolusi dalam berkampanye di situasi masa pandemi ini dengan kampanye online atau kampanye dalam bentuk daring,” ujar anggota Bawaslu Fritz  Edward Siregar saat tampil sebagai pembicara dalam webinar bertema Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Tengah Pandemi Covid – 19  yang diselenggarakan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Kamis (23/9).

Webinar itu dibuka Ketua Umum MIPI Bahtiar dan diikuti sejumlah pembicara antara lain Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang, anggota KPU Viryan Aziz, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik FISIP UI Aditya Perdana dan dosen IPDN yang juga Wakil ketua MIPI Andi Masrich.

Fritz Edward Siregar mengatakan, mengacu pada Peraturan KPU No 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan pilkada dalam kondisi bencana non-alam Covid-19, kampanye tidak hanya dalam bentuk  pertemuan terbatas dan tatap muka tapi juga disebutkan bisa dalam bentuk kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan peratuan perundangan-undangan.

“Kampanye yang dilarang adalah bila dilakukan di rumah ibadah, fasilitas pendidikan dan pemerintah. Jadi, berdasarkan undang-undang terbuka untuk berkampanye melalui daring,” tuturnya.

Berkaca pada Pemilukada 2020, katanya, meski sudah dilakukan protokol kesehatan yang ketat tapi nyatanya tetap saja ada pelanggaran.

“Untuk itu, KPU perlu mengatur tata cara berkampanye secara daring. Misalnya peserta pemilu harus mendaftarklan akun resmi meddia sosial untuk berkampanye. Peserta pemilujuga harus menginformasikan kegiatan kampanye di sosial media kepada penyelenggara pemilu untuk memudahkan pengawasan.

Sementara untuk mencegah hoaks, perlu edokasu dan sosialsasi masyarakat terkait pencegahan penyebaran hiaks, hate speech dan black campaign,” ujarnya. (Andreas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here