Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jayabaya: Pelatihan Penerapan Strategi Komunikasi Pada Guru di Yayasan Pendidikan Putra Pertiwi Tangerang Selatan

0
261

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jayabaya mengadakan program pelatihan penerapan strategi komunikasi di Yayasan Pendidikan Putra Pertiwi Kota Tangerang Selatan pada hari Rabu (22/12/2021) dan Kamis  (23/12/2021).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat  ini didanai oleh Kemenristek Dikti dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) 2021.

 

Tim Pengabdian  diketuai oleh  Dr. Novianty Elizabeth A, SH., M.Pd (dosen  Prodi Magister Ilmu Komunikasi) dengan anggota,) Dr. Ika Yuliasari, M,Si (dosen Prodi Magister Ilmu Komunikasi) , Dr. Made Wilantara, M,Si  (dosen Prodi Magister Ilmu Komunikasi) , Dedy Arifudin (mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi S1), Sri Resminingsih (mahasiswa Prodi Arsitektur), Jihan Aulia (mahasiswa FISIP)  dan Suryo Anugerah Pratama (mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi).

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat merupakan lanjutan dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan sebelumnya pada bulan Oktober. Tim pelaksana menyebarkan angket kusioner  dari hasil survei yang diedarkan kepada responden sebanyak 45 peserta pelatihan tehnik komunikasi, didapatkan bahwa adanya keinginan para guru untuk lebih meningkatkan kompetensi komunikasinya. Oleh sebab itu dilaksanakan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat  lanjutan  dengan sasaran para pendidik  dari tingkat TK,SD,SMP dan SMK di Lingkungan Yayasan Pendidikan Putra Pertiwi.

Kegiatan dilaksanakan dengan metode pelaksanaan berupa Bimbingan Teknis  dimana para peserta Pertiwi diberi pelatihan-pelatihan mengenai teknik komunikasi agar guru dapat   menerapan strategi komunikasi yang efektif  dan  mampu secara professional mengembangkan kompetensi sosialnya dibidang komunikasi.

Selanjutnya  diadakan  Focus Group Dicussion dimana peserta bimbingan teknis dibagi menjadi 3 kelompok dan setiap kelompok dipandu oleh seorang moderator dan dua notulen untuk mencatat semua masukan dan hasil diskusi serta seorang teknisi media yang merekam secara visual jalannya FGD. Para peserta sangat antusias dalam meyuarakan pandangan, pendapat ketika moderator memberikan pertanyaan.

Berdasarkan hasil Focus Group discussion dapat dirangkum bahwa  para guru  mengerti  tentang pentingnya ilmu komunikasi dan memahami  bagaimana cara berkomunikasi yang baik terhadap seluruh masyarakat sekolah, termasuk di dalammya, orang tua, sesama rekan guru, siswa dan pemangku kebijakan pendidikan.

 

Pak Artha guru mata pelajaran  Penjaskes di  SMK mengatakan bahwa setelah mendapatkan pelatihan teknis penerapan strategi komunikasi ia mengerti bagaimana  seharusnya  berpenampilan dalam mengajar,   gesture, dan  cara menyapaikan pesan baik verbal maupun non verbal.  Begitupula ibu Yuni guru mata pelajaran matematika SMP  mengatakan banyak manfaat dan pengetahuan tentang ilmu komunikasi yang diperoleh dari kegiatan ini

Sedangkan manfaat bagi tim pelaksana/ dosen dan mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya, Sebagai wahana untuk memandu pemahaman bidang ilmu komunikasi  di pengguruan tinggi  dengan kenyataan di lapangan, sehingga kegiatan ini dapat dijadikan rujukan bahan perluasan materi kuliah dan praktikum. Serta menambah pengetahuan, wawasan, motivasi dan pengalaman praktis di bidang pengajaran di tingakat pendidikan dasar dan menengah. (Novianty Elizabeth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here